Creative Accounting: Understanding Grey-Area Accounting

“Memahami proses terjadinya creative accounting yang memanfaatkan grey-area dalam sistem akuntansi beserta best practices dalam pencegahan dan pendeteksiannya”

Workshop ini akan memaparkan grey-area dalam accounting system yang memungkinkan terjadinya ’creative accounting’. Lebih jauh akan dibahas bagaimana mengantisipasi dan mencegah hal-hal yang merugikan perusahaan berkaitan dengan ’creative accounting’ ini.

Tujuan Pelatihan

  • Menjelaskan kepada peserta mengenai proses terjadinya ‘creative accounting’
  • Memahami Do’s and Dont’s dalam ‘grey-area’ sistem akuntansi
  • Membekali peserta dengan pengetahuan best practice dalam mencegah ‘creative accounting’ yang merugikan perusahaan.
  • Bagi analis kredit perbankan, pelatihan ini akan memberi pengetahuan tambahan dalam membaca apa yang ada di balik laporan keuangan nasabahnya

Siapa yang Menjadi Peserta?

  • Lokakarya ini diselenggarakan untuk staf / officer accounting, Cost Controller, Finance Controller, dan Accounting Managers yang ingin melengkapi pengetahuannya.

Pokok-Pokok Bahasan

  1. Understanding “Creative Accounting”
    • Fraudulent Financial Reporting, Window Dressing, Creative Accounting
    • Classifying Creative Accounting Practice
    • Rewards of the game
  2. How the game is played
    • Accounting Policy choice and application
    • Fraudulent financial reporting
    • Cleaning up after the game
    • Terminology
  3. Earning Management
    • What is earning management?
    • Incentive and conditions for earnings management
    • Earning management techniques
    • Evidence of earning management
    • Effectiveness of earnings management
  4. Recognizing Premature or Fictitious Revenue
    • What premature or fictitious revenue
    • When should revenue be recognize
    • Detecting premature or fictitious revenue
    • Checklist to detect premature or fictitious revenue
  5. Misreported Asset and Liabilities
    • Link with reported earnings
    • Boosting shareholders’ equity
    • Overvalued assets
    • Undervalued liabilities
    • Checklist to detect misreported asset and liabilities
  6. Creative with income statements : classification and disclosure
    • Current income statement requirement and practice
    • Reporting comprehensive income
    • Creative income statement classification
    • Creative with other aspect of income statement
  7. Creative with income statements : pro-forma measures of earnings
  8. Using operating cashflow to detect creative accounting practice
  9. Other Techniques for detecting creative accounting
    • Database searching
    • Analyzing financial reports
  10. Technique for prevention of creative accounting
  11. Sarbanes-Oxley on Financial Statement

Related Topics:

Informasi & Registrasi:

  • Untuk keterangan selengkapnya (termasuk biaya dan jadwal pelaksanaan) silahkan lihat/unduh di Creative Accounting.
  • Untuk pendaftaran silahkan download Registration Information dan kirim kembali via email atau fax setelah diisi dengan lengkap.
  • Bila membutuhkan pelatihan dalam bentuk Inhouse Training silakan download IHT Request Form dan dikirim kembali kepada kami melalui Fax/email setelah diisi dengan lengkap.
  • Anda juga dapat menghubungi langsung penyelenggaranya melalui Tel/SMS/Fax yang tercantum di brosur atau email: beproseminars<at>gmail.com

One Reply to “Creative Accounting: Understanding Grey-Area Accounting”

Komentar ditutup.