Enterprise Sales and Operation Planning (S&OP)

Sales and Operation Planning (S&OP) merupakan hal yang penting bagi sebuah perusahaan untuk menjalankan bisnisnya. Dengan S&OP, perusahaan dapat menyeimbangkan antara demand dan kemampuan perusahaan dalam memenuhi demand tersebut. Dan S&OP, merupakan dasar dari pembuatan rencana aktifitas lainnya seperti rencana operasional, financial, kapasitas, man power dan lainnya. Ketidakakurasian dan kegagalan S&OP akan berakibat buruk bagi aktifitas yang lain, seperti tingginya inventory, kekurangan cash dan lainnya. Maka pada saat ini, banyak perusahaan besar yang sudah mengaplikasin S&OP.
Pelatihan ini akan mengajak para peserta untuk memahami arti penting dan bagaimana menjalankan Sales and Operation Planning ini

Tujuan Pelatihan:

  • Memahami arti penting dan manfaat S&OP dan keterkaitannya dengan operational dan fungsi lainya
  • Memahami bagaimana struktur dari S&OP
  • Memahami input yang dibutuhkan untuk mengaplikasikan S&OP
  • Memahami teknik dan tools yang digunakan
  • Memahami keterkaitan S&OP dengan planning yang lain
  • Memahami S&OP melalui studi kasus

Siapa yang Menjadi Peserta?

  • Finance, Purchasing, Sales dan Marketing, Production dan para professional yang terlibat dalam perencanaan maupun operasional.

Metode Pelatihan

  • Pelatihan menggunakan metode ceramah dalam memahami konsep, dan latihan/studi kasus dalam mendalami teknik aplikasinya.
  • Pada akhir pelatihan para  peserta akan membuat action plan, untuk menentukan rencana yang akan diterapkan setelah kembali ke dunia kerja.

Pokok-Pokok Bahasan

  1. Sales & Operation Planning (S&OP) Overview
    • What is Sales & Operation Planning
    • What are the benefits?
    • How S&OP support supply chain management?
  2. The Structure and Logic of Sales & Operation Plan
    • Link Sales and Operation
    • Make to Stock View
    • Make to Order View
    • Finished to Order
    • Pull vs. Push
    • New Product Development
    • Seasonality
  3. Input and Monthly S&OP Process
    • Input of S&OP
    • Sales forecast and Demand Planning
    • Supply & Capacity Planning
    • Pre Meeting & Executive S&OP Meeting
  4. Assigning Responsibility S&OP Team
  5. Tools for Linking Volume with Mix
    • Resources Planning : ERP & MRP
    • Distribution Resources Planning
  6. S&OP Extended Demand & Supply Chain
    • Customer Link
    • Supply Chain Management
    • Outsourcing & Third Party Logistic
  7. Organization for S&OP
  8. S&OP and Financial Planning
    • S&OP and Budget Preparation
    • Planning for Capacity Needs
    • Managing Cash Flow
  9. Case Study

Related Topics:

Informasi & Registrasi:

  • Untuk keterangan selengkapnya (termasuk biaya dan jadwal pelaksanaan) silahkan dilihat/unduh brosurnya di <Enterprise Sales and Operation Planning (S&OP)>
  • Untuk pendaftaran silahkan download Registration Information dan kirim kembali via email atau fax setelah diisi dengan lengkap.
  • Bila membutuhkan pelatihan dalam bentuk Inhouse Training silakan download IHT Request Form dan dikirim kembali kepada kami melalui Fax/email setelah diisi dengan lengkap.
  • Anda juga dapat menghubungi langsung penyelenggaranya melalui Tel/SMS/Fax yang tercantum di brosur atau email: beproseminars<at>gmail.com